Senin 18, Desember 2023 Dema Ma’had Aly Raudhatul Ma’arif Cot Trueng kembali melaksanakan Mubahatsah Mahasantri Se-Aceh ke 2 di Komplek Mesjid Al-Akmal Dayah Raudhatul Ma’arif Cot Trueng, Muara Batu, Aceh Utara. Sebelumnya pada 22 Januari 2022 silam juga pernah diselenggarakan acara serupa di Dayah Raudhatul Ma’arif Cot Trueng.
Acara Mubahatsah diikuti oleh perwakilan mahasantri enam Ma’had Aly yang ada di Aceh. Perwakilan Ma’had Aly Syekh Muda Waly Labuhan Haji, Aceh Selatan, Ma’had Aly Darul Munawarah, Kuta Krueng, Pidie Jaya, Ma’had Aly Mudi Mesra Samalanga, Bireun, Ma’had Aly Raudhatul Ma’arif Cot Trueng, Aceh Utara, Ma’had Aly Babussalam Matang Kuli, Aceh Utara, dan Ma’had Aly Malikussaleh Panton Labu, Aceh Utara.
Selain para mahasantri dari keenam Ma’had Aly di Aceh yang berperan sebagai peserta mubahatsah, acara ini menghadirkan para dosen Ma’had Aly sebagai Musahhih (pengambil kesimpulan) yaitu Tgk. H. Muhammad Syakir Anwari dari Ma’had Aly Raudhatul Ma’arif dan Tgk. Syahrial (Ayahanda Caleu) dari Ma’had Aly Mudi Mesra Samalanga.
Di samping sebagai ajang silaturahmi antara sesama Ma’had Aly yg ada di Aceh, acara mubahatsah ini juga sebagai bentuk upaya untuk mengasah keterampilan dalam beragumentasi dan mempertahankan pendapatnya serta bagian dari peningkatan intelektualitas dalam menjawab persoalan-persoalan kontemporer, dan dengan mubahastah ini para mahasantri diharapkan dapat menghidupkan kembali tradisi mubahatsah dalam membahas persoalan-persoalan aktual yang terjadi di masyarakat.
Tema mubahatsah yang diangkat pada kali ini yaitu “Pelemik Jihad Di Era Modern Dan Batasan Mena’ati Pemimpin” dengan sub tema “Bagaimana Hukum Berjihad bagi muslimin di luar Palestina untuk berjihad melawan zionis Israel” dikarenakan hal itu merupakan isu global yang masih hangat untuk dikaji oleh para mahasantri.
Diskusi dibuka dengan mencari hakikat dari defenisi jihad. Ada yang memaknai jihad dengan memerangi kafir untuk membantu islam. Namun, ada juga yang memaknai jihad dengan makna yang terlebih umum, yakni menyerang atau melakukan sebuah tindakan yang berefek bagi kaum kafir dari aspek ekonomi ataupun lainnya.
Setelah para mahasantri berdiskusi dengan argumen yang berbeda-beda, serta ada menimbulkan kontroversi pandangan di antara mereka dalam waktu yang cukup panjang muncullah satu kesepakatan tentang defenisi menurut Mazhab Syafi’iyah, yakni jihad adalah “berperang melawan kafir untuk memenangkan islam”.
Selanjutnya para mubahis membahas poin inti dalam pembahsan ini, yakni bagaimana hukum jihad bagi seoarang muslim yang berada di luar jarak qasar. Mereka, dalam hal ini, memfokuskan pembahasan kepada jihad Difa’I, yaitu jihad yang berorientasi mengusir musuh yang menguasai kaum muslim. Tentang hukum berjihad bagi muslim di luar jarak qasar, mubahis juga terbelah menjadi dua kubu. Kubu pertama menyatakan tidak wajib jihad bagi muslim di luar jarak qasar, hanya wajib jihad bagi ahli balad saja dan muslim yang berada di dalam batasan jarak qasar. Kubu kedua menyatakan wajib bagi muslim di luar jarak qasar untuk membantu muslim yang sedang diserang negerinya apabila mereka tidak sangup lagi melawan dan juga harus memenuhi syarat-syaratnya. Yang mengatakan tidak wajib mereka beralasan karena satu pencegah.
Setelah para mubahis mencurahkan semua argumennya, baik kelompok yang mengatakan wajib hukumnya bagi muslim di luar jarak qasar untuk membantu negri islam yang sedang berkecamuk perang dengan kafir dan mubahis yang beragumen sebaliknya, yakni tidak wajib membantu berperang untuk membantu muslim yang sedang diserang negrinya oleh kafir, moderator mempersilahkan musahih untuk menangapi argument-argumen dari mubahis dan mengambil kesimpulan terhadap hasil diskusi.
Berikut deskripsi Masalah, Rumusan Masalah, Kesimpulan, dan Referensi tentang tema yang di bahas pada Mubatsah Ma’had Aly Se-Aceh Ke 2 yang diadakan di Dayah Raudhatul Ma’arif Cot Trueng, Muara Batu, Aceh Utara Pada Malam Senin, 18 Desember 2023.
A. Deskripsi Masalah
Akhir-akhir ini, mata dunia tertuju pada genosida Israel ke Palestina yang menelan ratusan bahkan ribuan korban jiwa. Di sisi lain, dunia barat dan Eropa menutup mata bahkan mendukung aksi tersebut dengan mengirim berbagai bantuan senjata ke Israel. Di samping itu, negara-negara yang berada di sekitaran wilayah perang pun seolah olah ikut andil dalam mendukung aksi Israel tersebut, dengan cara menutup perbatasannya bagi mereka yang ingin membantu membantu Palestina.
Protespun bermunculan di berbagai belahan dunia, mulai dari mengutuk aksi tersebut, melalui unjuk rasa dengan turun ke jalan, memboikot produk mereka, menjulidkan para tentara dan rakyat israel, sampai aksi menginjak dan membakar bendera Israel.
B. Rumusan Masalah
- Wajibkah bagi muslimin di luar Palestina untuk berjihad melawan zionis Israel ?
C. Jawaban
- Membantu berperang bagi muslim yang berada di luar palestina hukumnya wajib kifayah dengan syarat yang berlaku dan kewajiban tersebut bersifat akrab fa akrab (wilayah terdekat, setelah itu baru wilayah selanjutnya, hingga wilayah terjauh)
D. Referensi :
ثُمَّ شَرَعَ الْمُصَنِّفُ فِي الْحَالِ (الثَّانِي) مِنْ حَالَيْ الْكُفَّارِ، وَهُوَ مَا تَضَمَّنَهُ قَوْلُهُ (يَدْخُلُونَ بَلْدَةً لَنَا) أَوْ يَنْزِلُونَ عَلَى جَزَائِرَ أَوْ جَبَلٍ فِي دَارِ الْإِسْلَامِ وَلَوْ بَعِيدًا عَنْ الْبَلَدِ (فَيَلْزَمُ أَهْلَهَا الدَّفْعُ بِالْمُمْكِنِ) مِنْهُمْ، وَيَكُونُ الْجِهَادُ حِينَئِذٍ فَرْضَ عَيْنٍ، وَقِيلَ كِفَايَةً، وَاعْتَمَدَهُ الْبُلْقِينِيُّ وَقَالَ: إنَّ نَصَّ الشَّافِعِيِّ يَشْهَدُ لَهُ (فَإِنْ أَمْكَنَ) أَهْلَهَا (تَأَهُّبٌ) أَيْ اسْتِعْدَادٌ (لِقِتَالٍ وَجَبَ) عَلَى كُلٍّ مِنْهُمْ (الْمُمْكِنُ) أَيْ الدَّفْعُ لِلْكُفَّارِ بِحَسَبِ الْقُدْرَةِ (حَتَّى عَلَى فَقِيرٍ) بِمَا يَقْدِرُ عَلَيْهِ (وَوَلَدٍ وَمِّ دِينٍ) وَهُوَ مَنْ عَلَيْهِ دَيْنٌ (وَعَبْدٍ بِلَا إذْنٍ) مِنْ أَبَوَيْنِ وَرَبِّ دَيْنٍ وَمِنْ سَيِّدٍ، وَيَنْحَلُّ الْحَجْرُ عَنْهُمْ فِي هَذِهِ الْحَالَةِ؛ لِأَنَّ دُخُولَهُمْ دَارَ
[الخطيب الشربيني، مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج، ٢٢/٦]
الْإِسْلَامِ خَطْبٌ عَظِيمٌ لَا سَبِيلَ إلَى إهْمَالِهِ، فَلَا بُدَّ مِنْ الْجَدِّ فِي دَفْعِهِ بِمَا يُمْكِنُ، وَفِي مَعْنَى دُخُولِهِمْ الْبَلْدَة مَا لَوْ أَطَلُّوا عَلَيْهَا، وَالنِّسَاءُ كَالْعَبِيدِ إنْ كَانَ فِيهِنَّ دِفَاعٌ، وَإِلَّا فَلَا يَحْضُرْنَ. قَالَ: الرَّافِعِيُّ: وَيَجُوزُ أَنْ لَا تَحْتَاجَ الْمَرْأَةُ إلَى إذْنِ الزَّوْجِ (وَقِيلَ: إنْ حَصَلَتْ مُقَاوَمَةٌ بِأَحْرَارٍ اُشْتُرِطَ) فِي عَبْدٍ (إذْنُ سَيِّدِهِ) ؛ لِأَنَّ فِي الْأَحْرَارِ غُنْيَةً عَنْهُمْ وَاعْتَمَدَهُ الْبُلْقِينِيُّ وَقَالَ: هُوَ مُقْتَضَى نَصِّ الشَّافِعِيِّ، وَالْأَصَحُّ فِي الشَّرْحِ وَالرَّوْضَةِ الْأَوَّلُ لِتَقْوَى الْقُلُوبِ وَتَعْظُمَ الشَّوْكَةُ وَتَشْتَدَّ النِّكَايَةُ فِي الْكُفَّارِ انْتِقَامًا مِنْ هُجُومِهِمْ (وَإِلَّا) بِأَنْ لَمْ يُمْكِنْ أَهْلَ الْبَلْدَةَ التَّأَهُّبُ لِقِتَالٍ بِأَنْ هَجَمَ الْكُفَّارُ عَلَيْهِمْ بَغْتَةً (فَمَنْ قُصِدَ) مِنْ الْمُكَلَّفِينَ وَلَوْ عَبْدًا، أَوْ امْرَأَةً، أَوْ مَرِيضًا أَوْ نَحْوَهُ (دَفَعَ عَنْ نَفْسِهِ) الْكُفَّارَ (بِالْمُمْكِنِ) لَهُ (إنْ عَلِمَ أَنَّهُ إنْ أُخِذَ قُتِلَ) بِضَمِّ أَوَّلِهِمَا (وَإِنْ جَوَّزَ) الْمُكَلَّفُ الْمَذْكُورُ (الْأَسْرَ) وَالْقَتْلَ (فَلَهُ) أَنْ يَدْفَعَ عَنْ نَفْسِهِ وَ (أَنْ يَسْتَسْلِمَ) لِقَتْلِ الْكُفَّارِ إنْ كَانَ رَجُلًا؛ لِأَنَّ الْمُكَافَحَةَ حِينَئِذٍ اسْتِعْجَالٌ لِلْقَتْلِ، وَالْأَسْرَ يَحْتَمِلُ الْخَلَاصُ، هَذَا إنْ عَلِمَ أَنَّهُ إنْ امْتَنَعَ مِنْ الِاسْتِسْلَامِ قُتِلَ، وَإِلَّا امْتَنَعَ عَلَيْهِ الِاسْتِسْلَامِ. أَمَّا الْمَرْأَةُ فَإِنْ عَلِمَتْ امْتِدَادُ الْأَيْدِي إلَيْهَا بِالْفَاحِشَةِ فَعَلَيْهَا الدَّفْعُ وَإِنْ قُتِلَتْ؛ لِأَنَّ الْفَاحِشَةَ لَا تُبَاحُ عِنْدَ خَوْفِ الْقَتْلِ وَإِنْ لَمْ تَمْتَدَّ الْأَيْدِي إلَيْهَا بِالْفَاحِشَةِ الْآنَ، وَلَكِنْ تَوَقَّعَتْهَا بَعْدَ السَّبْيِ اُحْتُمِلَ جَوَازُ اسْتِسْلَامِهَا ثُمَّ تَدْفَعُ إذَا أُرِيدَ مِنْهَا، ذَكَرَ ذَلِكَ فِي الرَّوْضَةِ كَأَصْلِهَا، ثُمَّ مَا مَرَّ حُكْمُ أَهْلِ بَلْدَةٍ دَخَلَهَا الْكُفَّارُ، وَأَشَارَ لِغَيْرِهِمْ بِقَوْلِهِ.
(وَمَنْ هُوَ دُونَ مَسَافَةِ قَصْرٍ مِنْ الْبَلْدَةِ) الَّتِي دَخَلَهَا الْكُفَّارُ حُكْمُهُ (كَأَهْلِهَا) فَيَجِبُ عَلَيْهِمْ الْمُضِيُّ إلَيْهِمْ إنْ وَجَدُوا زَادًا، وَلَا يُعْتَبَرُ الْمَرْكُوبُ لِقَادِرٍ عَلَى الْمَشْيِ عَلَى الْأَصَحِّ، هَذَا إنْ لَمْ يَكُنْ فِي أَهْلِ الْبَلَدِ الَّتِي دَخَلُوهَا كِفَايَةٌ، وَكَذَا إنْ كَانَ فِي الْأَصَحِّ؛ لِأَنَّهُمْ كَالْحَاضِرِينَ مَعَهُمْ، وَلَيْسَ لِأَهْلِ الْبَلْدَةِ ثُمَّ الْأَقْرَبِينَ فَالْأَقْرَبِينَ إذَا قَدَرُوا عَلَى الْقِتَالِ أَنْ يَلْبَثُوا إلَى لُحُوقِ الْآخَرِينَ (وَمَنْ) أَيْ: وَاَلَّذِينَ هُمْ (عَلَى الْمَسَافَةِ) لِلْقَصْرِ فَأَكْثَرَ (يَلْزَمُهُمْ) فِي الْأَصَحِّ إنْ وَجَدُوا زَادًا وَمَرْكُوبًا (الْمُوَافَقَةُ بِقَدْرِ الْكِفَايَةِ إنْ لَمْ يَكْفِ أَهْلُهَا وَمَنْ يَلِيهِمْ) دَفْعًا عَنْهُمْ وَإِنْقَاذًا لَهُمْ
[الخطيب الشربيني، مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج، ٢٣/٦
وَمَنْ هُوَ دُونَ مَسَافَةِ الْقَصْرِ مِنْ الْبَلَدِ) وَإِنْ لَمْ يَكُنْ مِنْ أَهْلِ الْجِهَادِ (كَأَهْلِهَا) فِي تَعَيُّنِ وُجُوبِ الْقِتَالِ وَخُرُوجِهِ بِلَا إذْنِ مَنْ مَرَّ، إنْ وَجَدَ زَادًا أَوْ يَلْزَمُهُ مَشْيٌ أَطَاقَهُ وَإِنْ كَانَ فِي أَهْلِهَا كِفَايَةٌ؛ لِأَنَّهُمْ فِي حُكْمِهِمْ.
(وَمَنْ) هُمْ (عَلَى الْمَسَافَةِ) الْمَذْكُورَةِ فَمَا فَوْقَهَا (يَلْزَمُهُمْ) إنْ وَجَدُوا زَادًا وَسِلَاحًا وَمَرْكُوبًا وَإِنْ أَطَاقُوا الْمَشْيَ (الْمُوَافَقَةُ) لِأَهْلِ ذَلِكَ الْمَحَلِّ فِي الدَّفْعِ (بِقَدْرِ الْكِفَايَةِ إنْ لَمْ يَكْفِ أَهْلُهَا وَمَنْ يَلِيهِمْ) دَفْعًا عَنْهُمْ وَإِنْقَاذًا لَهُمْ، وَأَفْهَمَ قَوْلُهُ: بِقَدْرِ الْكِفَايَةِ. أَنَّهُ لَا يَلْزَمُ الْكُلَّ الْخُرُوجُ، بَلْ يَكْفِي فِي سُقُوطِ الْحَرَجِ عَنْهُمْ خُرُوجُ قَوْمٍ مِنْهُمْ فِيهِمْ كِفَايَةٌ.
[ابن حجر الهيتمي، تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي، ٢٣٦/٩]
والجهاد عرفه الشافعية بأنه : قتال الكفار لنصرة الإسلام
وعرفه الحنفية بأنه : بذل الوسع والطاقة بالقتال في سبيل الله – تعالى – بالنفس والمال واللسان أو غير ذلك، أو المبالغة في ذلك
وعرفه المالكية بأنه : قتال مسلم كافرا غير ذى عهد لإعلاء كلمة الله – تعالى – أو حضوره له أو دخول أرضه له
وعرفه الحنابلة بأنه : قتال الكفار خاصة، بخلاف المسلمين من البغاة وقطاع الطريق وغيرهم
(مجموع شرح المهذب ج ٢٤ ص ١٥١)